pesisir-selatan-maiga

Kabupaten pesisir selatan salah satu tempat yang ramai dikunjungi di wilayah sumatra, Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia, Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa, Ibu kotanya ialah Painan.

Sebagian besar penduduk Pesisir Selatan bergantung pada sektor pertanian tanaman pangan, perikanan dan perdangan, Sementara sumber daya potensial lainnya adalah pertambangan, perkebunan dan pariwisata, Sektor perkebunan terutama perkebunan sawit mulai berkembang pesat sejak sepuluh tahun terakhir, yang berlokasi di Kecamatan Pancung Soal, Basa Ampek Balai dan Lunang Silaut, Melibatkan beberapa investor nasional dengan pola perkebunan inti dan plasma, Sebuah industri pengota minyak sawit CPO kini sudah berdiri di Kec. Pancung Soal, dengan kapasitas produksi sebesar 4.000 ton per hari.

Di Pesisir selatan dikenal rendang lokan (sebangsa kerang hijau) bercangkang hitam, Lokan banyak terdapat dimuara sungai Indrapura dengan kedalaman ± 16 m’dan sungai batang Tarusan, Saat pengambilan Lokan penyelam tidak memakai alat bantu sama sekali.

Pesisir Selatan memiliki panorama alam yang cukup cantik dan mempesona. Kawasan Mandeh misalnya, sekarang kawasaan wisata ini oleh pemerintah pusat masuk dalam Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Nasional (RIPPNAS) mewakili kawasan barat Indonesia.

Kawasan wisata potensial lainnya adalah Jembatan Akar, Water Pall Bayang Sani, Cerocok Beach Painan, Bukit Langkisau, Nyiur Melambai serta sejumlah objek wisata sejarah, seperti Pulau Cingkuak (Cengco), Peninggalan Kerajaan Inderapura dan Rumah Gadang Mandeh Rubiah Lunang.

Bila semua potensi pariwisata Pesisir Selatan tersebut dapat diekelola secara profesional tentu akan jadi sumber PAD andalan daerah di masa mendatang, Untuk itu pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan membuka diri selebar lebarnya kepada investor yang berminat menanamkan modatnya di daerah ini.

Di Pesisir Selatan banyak terdapat objek wisata baik objek wisata alam maupun wisata sejarah dan budaya, Ada beberapa objek wisata yang terkenal, antara lain Bendungan Amping Parak Timur (Teratak Panas) Pantai Mandeh, Pantai Batu Kalang dan Taluak Sikulo (Tarusan).

  1. Pulau Keong (Batang Kapas)
  2. Pulau Cubadak
  3. Jembatan Akar (Bayang Utara)
  4. Air Terjun Bayang Sani (Bayang)
  5. Puncak Langkisau (Painan)
  6. Pantai Carocok (Painan)
  7. Benteng Portugis di Pulau Cingkuk (Painan)
  8. Bekas pertambangan emas di Salido
  9. Pantai Pasir Putih di Kambang
  10. Puing-puing Istana Kerajaan Inderapura di Muaro Sakai (Inderapura)
  11. Istana Mande Rubiah di Lunang
  12. Sako di Tapan
  13. Air Terjun Telun Berasap di Malepang Tapan
  14. Air Terjun Malaca di Panadah Tapan
  15. Pantai Sembungo Indah di Silaut

Dan banyak tempat wisata lainnya yang bisa dikunjungi.

Perkembangan di Kabupaten Pesisir Selatan yang menjadi isu pembangunan di Kecamatan Bayang sampai saat ini adalah pembangunan jalan tembus Bayang (Pasar Baru) – Alahan Panjang (Solok/Solok Selatan) dan Kambang (Lengayang) – Muara Labuh (Solok Selatan) yang terkendala oleh keberadaan hutan lindung Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS), Jalan tembus ini sudah lama dinantikan masyarakat kedua kabupaten demi kemajuan ekonomi mereka.

Sejak tahun 2003, masyarakat di tiga kecamatan paling selatan di kabupaten ini telah memperjuangkan sebuah kabupaten baru yang meliputi daerah Renah Indojati yaitu Inderapura, Tapan, Lunang dan Silaut, Usaha pemekaran ini pada awalnya tidak direspon Pemerintah daerah Pesisir Selatan, namun saat ini perjuangan ini telah membuahkan hasil, Pada tahun 2012 ini telah dilaksanakan pemekaran tiga kecamatan di Renah Indojati menyusul pemekaran nagari yang telah dilaksanakan untuk memenuhi persyaratan administratif sebuah kabupaten baru.

pendaftaran